1.Jumlah pemain: minimal 2 orang anak, maximal 6 orang anak.
Jumlah guru: 1 atau 2 (lebih baik 2).
2. Hal-hal yang bisa dipelajari:
_Angka (Number 1-5)
_Bentuk (shape)
_Warna (color)
3. Usia: minimal 3 tahun
4. Alat dan bahan:
_Gunting
_spidol
_pensil
_penghapus
5. Proses pembuatan perangkat
a. Potonglah kertas karton dengan menggunakan gunting dengan ukuran kira-kira 4 x 7 sebanyak 36 lembar.
b. Gambarlah tiap potongan kertas karton dengan menggunakan spidol hitam dengan ketentuan sbb:
_4 kartu dengan gambar 1 garis; 4 kartu dengan gambar 3 garis, 4 kartu dengan gambar 5 garis
_4 kartu dengan gambar 1 lingkaran, 4 kartu dengan gambar 3 lingkaran, 4 kartu dengan gambar 5 garis
_4 kartu dengan gambar 1 persegi, 4 kartu dengan gambar 3 persegi, dan 4 kartu dengan gambar 5 persegi
_4 kartu dengan gambar 1 bintang, 4 kartu dengan gambar 3 bintang, dan 4 kartu dengan gambar 5 bintang
c. Sehingga jumlah kartu nantinya adalah 36 buah kartu.
d. Anda akan memiliki kartu bergambar:
1). garis (line) dengan gambar berwarna hijau (green).
2). Lingkaran (circle) dengan gambar berwarna biru (blue).
3). Persegi (square) dengan gambar berwarna hijau (hijau).
4). Bintang (star) dengan gambar berwarna kuning (yellow).
6. Cara memainkan:
1). Kocoklah kartu sehingga urutan kartu menjadi acak.
2). Bagikan kepada 4 orang siswa (siswa A, B, C, dan D) sampai kartu habis.
3). Tunjuklah salah satu orang siswa untuk memulai game ini (bisa dengan hom-pim-pa).
4). Anak pertama yang ada tunjuk, anda minta untuk memeriksa kartunya.
5). Bila ada 2 buah kartu yang bergambar sama, dan jumlah yang sama, anda minta kepada siswa tersebut untuk meletakkan kartunya ke lantai, dengan mengatakan,”I have two twin cards” (misalnya: 2 buah kartu yang bergambar 5 bintang).
6). Setelah kartu diletakkan di bawah, anda minta siswa tersebut untuk membaca gambar yang ada di kartu. Misalnya gambar di kartu tadi adalah 2 buah kartu bergambar 5 bintang, ajarilah dia untuk mengucapkan, “I have 2 cards of five yellow stars.”
7). Bila dia sudah tidak memiliki 2 buah kartu yang sama (2 kartu kembar), mintalah dia untuk memilih satu buah kartu yang dia miliki (misalnya kartu bergambar 3 persegi).
8). Suruhlah siswa A untuk memilih satu orang siswa (misalnya siswa B), dan bertanya,”Do you have a card of three green square card?” (Perhatikan urutan pengucapan “three (number) green (color) square”, jangan mengucapkan “green three square card”)
9). Lalu mintalah guru 2 untuk mendampingi siswa B agar membantu memeriksa kartu yang dia miliki.
10). Bila siswa B tidak memiliki, maka giliran akan berpindah ke siswa sebelah kanannya. Anda bisa mengucapkan,”Your turn please... (silakan, sekarang giliranmu)”, atau “The next turn please (silakan, selanjutnya giliranmu).
11). Lakukan hal yang sama pada siswa selanjutnya (dimulai dengan menemukan kartu “Twin” yang dia miliki).
12) Selamat mencoba... .
7. Variasi permainan
1). Guest card
a). Jumlah pemain: minimal 2 siswa (unlimited)
b). Jumlah guru: 1
c). Cara bermain:
_letakkan setumpuk kartu (36 kartu) pada permainan “Four and Twin” di tengah siswa.
_seorang siswa diminta mengambil sebuah kartu lalu membukanya.
_Seorang guru menanyakan kepada muridnya,”What card do you have?”
_Siswa yang membuka kartu tadi diminta untuk menjawabnya (misalnya kartu yang dia buka adalah sebuah kartu dengan gambar 3 buah persegi dan warna gambar hijau). Maka siswa itu diwajibkan menjawab,”I have three green square card”.
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar