Manfaat Lagu Anak Interaktif (Review dan Variasi Lagu Buaya / Metode Kreatif Mengajar Anak Bertema Alam dan hewan atau binatang / Lagu Tanya Jawab )

Bookmark and Share

Manfaat Lagu Anak Interaktif (Review dan Variasi Lagu Buaya / Metode Kreatif  Mengajar Anak Bertema Alam dan hewan atau binatang / Lagu Tanya Jawab )


dailymotion.com
kak zepe lagu anak
dailymotion.com
kak zepe lagu anak
Saat mengajar di kelas, ada kalanya kita menemui siswa yang aktif dan pasif. Apa yang bisa kita perbuat dengan siswa yang pasif, supaya mereka bisa lebih aktif dan semangat dalam belajar? Salah satu cara agar  siswa yang pasif menjadi lebih aktif adalah dengan media lagu. Saya menyebut  lagu tersebut sebagai lagu interaktif.

Mungkin kita pernah mendengar atau memainkan sebuah lagu yang termasuk lagu yang interaktif. Lagu tersebut biasa disebut dengan judul lagu “sedang apa”. Liriknya sebagai berikut:



Sedang apa
Sedang apa

Sedang apa sekarang?

Sekarang sedang apa?
Sedang apa sekarang?
(lalu kelompok / anak yang lain akan menjawab)
Sedang makan
Sedang makan
Sedang makan sekarang
Sekarang makan apa
Makan apa
Makan apa sekarang?

Lagu di atas sering diajarkan oleh guru saya, saat saya duduk di bangku TK, dan pada saat saya duduk di bangku SD, lagu tersebut biasa dimainkan dan dinyanyikan pada saat kegiatan pramuka.

        Di dalam bahasa Inggris, sudah banyak lagu-lagu interaktif yang diciptakan. Namun di dalam bahasa Indonesia, lagu-lagu tersebut masih sangat jarang. Padahal lagu-lagu yang interaktif seperti sangat penting di dalam dunia pendidikan, khususnya proses belajar mengajar anak. Lagu tersebut bisa memberikan semangat baru bagi siswa yang sedang bosan dan lesu, dan bisa menumbuhkan keberanian bagi siswa yang pasif (pemalu, tidak banyak bicara dan bergerak). Dan dengan lagu tersebut, anak-anak bisa terangsang otaknya untuk terus bekerja, sehingga mereka bisa lebih semangat.

Lagu ciptaan saya yang bisa dikategorikan sebagai lagu anak interactive adalah lagu “Buaya”. Yang merupakan lagu tentang pengenalan hewan.Lagu  tersebut liriknya seperti ini (Agar menjadi lagu yang inteaktif sebelum menyanyikan lagu ini, akan lebih baik kalau kita membaginya menjadi 2 kelompok, atau bisa dengan tanya jawab antara kita dengan siswa yang lain, atau bisa juga meminta siswa untuk melakukan tanya jawab satu sama lain / tidak berkelompok):

Kelompok 1:  
Buaya… Buaya apa makananmu?

Kelompok  2: 
Daging,,.. daging itulah jawabku

Kelompok  1: 
Buaya… Buaya gimana jalanmu?

Kelompok 2: 
Merangkak… merangkak itulah jawabku

Kelompok 1: 
Buaya.. buaya dimana hidupmu

Kelompok 2: 
Di darat di air itulah jawabku…

Di dalam lirik dan lagu di atas, kelompok 1 bisa disebut sebagai kelompok penanya. Dan kelompok 2 bisa disebut kelompok penjawab. Saya juga menyarankan agar kita menggunakan gerakan atau ekspresi wajah saat menyanyikan lagu tersebut. Misalnya saat bernyanyi:
“Buaya… Buaya… Gimana jalanmu”. Siswa bisa kita minta mengekspresikan seekor buaya. Kita bisa memperagakan sepasang mulut buaya dengan gaya jari mencakar, lalu dua tangan ke depan, tangan satu di atas, tangan lain di bawah, sambil kedua tangan kita katup-katupkan (Seperti buaya dengan mulut menganga, lalu mulut terkatup). Bila anda bingung dan tidak mengerti cara memperagakan buaya seperti apa yang sudah saya jelaskan, anda bisa mengarang sendiri.

Lagu “Buaya” liriknya bisa diganti. Yaitu dengan mengganti “nama binatang”, dan “apa yang ditanyakan” dari binatang yang disebut (Variasi ini akan saya ulas secara terpisah). Untuk mendengarkan lagu buaya, anda bisa klik di SINI.http://lagu2anak.blogspot.com/2010/11/buaya-lagu-anak-karya-kak-zepe.html

Semoga bermanfaat.



Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar