Finger Alphabeth / Number

Bookmark and Share




2. Finger Alphabeth / Finger Number

a). Jumlah pemain: minimal 10 siswa, minimal 2 guru (sesuai dengan jumlah kelompok).

b). Hal-hal yang bisa dipelajari

_Huruf (alphabeth) dan pengucapannya dalam bahasa Inggris.

_angka (number) dan pengucapannya dalam bahasa Inggris.

c). Usia siswa: Minimal 3 tahun.

d). Alat dan Bahan:

_Kertas Karton / Manila (1 buah karton berukuran 50 x 50 cm).

_Finger (jari)

_spidol (jumlahnya menyesuaikan)

_stopwatch (1 buah).

_Kertas / buku pencatat (jumlah kertas / buku pencatat tergantung pada jumlah kelompok).

e). Proses pembuatan perangkat

Kartu huruf

_Potonglah kertas karton dengan ukuran 4 x 4 cm sebanyak 26 buah x jumlah grup).

_Tuliskan tiap potongan kartu dengan huruf A sampai Z.

f). Cara memainkan:

1). Kumpulkan semua siswa (misalnya berjumlah 10 siswa).

2). Bagi 10 siswa tadi menjadi 2 kelompok / 2 baris (masing-masing kelompok 5 siswa, kelompok 1 dan kelompok 2).

3). Guru meminta siswa berbaris dengan arah pandang yang sama (ke depan semua).

4). Letakkan sebuah meja masing-masing 1 buah di tiap kelompok (di depan siswa yang paling depan dengan jarak minimal 3 meter).

5). Guru 1 berada di belakang siswa yang paling belakang dari kelompok 1, Guru 2 berada di siswa yang paling belakang dari kelompok 2.

6). Seorang guru membawa satu buah stopwatch, dan menentukan lamanya waktu permainan (minimal 2 menit).

7). Lets start to play:

_Tiap guru (guru 1 dan guru 2) menuliskan sebuah huruf dengan jarinya pada punggung siswa yang posisinya paling belakang (siswa 1) dari tiap kelompok (tanpa mengucapkan huruf yang ditulis).

_Siswa 1 menuliskan huruf yang sama pada punggung siswa di depannya (siswa 2).

_Setiap siswa melakukan hal yang sama pada siswa yang berada di depannya, hingga sampai pada siswa pada posisi terdepan (siswa 5).

_Siswa 5 berlari ke meja, lalu mencari dan menemukan kartu dengan huruf yang sesuai dengan yang telah dituliskan dipunggunggnya.

_Bila siswa 5 telah menemukan kartu yang sesuai atau yang benar, wajib mengucapkannya secara langsung ke arah guru dan siswa lainnya.

_Bila benar, siswa 5 segera berlari ke arah guru, dan memberikan kartunya kepada guru.

Bila salah, siswa 5 segera berlari ke arah guru tanpa membawa kartu.

_Siswa 5 (yang telah menebak kartu), berpindah pada posisi paling belakang dari kelompoknya.

_Guru menulis sebuah huruf di bagian punggung siswa 5; Siswa 5 melanjutkan menulis pada punggung siswa yang berada di depannya; dan melakukan hal yang sama seperti sebelumnya.

_Bila waktu yang ditentukan sudah habis, maka permainanpun berakhir.

_Tiap guru menjumlahkan nilai tiap siswa sesuai dengan jumlah tebakan huruf yang benar.

g). Variasi permainan: Guru bisa membuat permainan ini dengan tebakan angka dengan membuat kartu yang ada tulisan angkanya (1-100).

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar