Bahasa Inggris di SD selama ini dipandang sebelah mata karena memang pelajaran ini di Sekolah Dasar posisinya sebagai Mulok. Mata pelajaran pelengkap, pendukung mata pelajaran pokok. Status Bahasa Inggris SD di Indonesia belum menjadi mata pelajaran pokok. Akan tetapi Pemerintah sudah menganjurkan bisa memperkenalkan mata pelajaran ini di SD. Alokasi waktu 2 jam seminggu. Bahasa Inggris SD akan terasa menarik dan memberikan kesan positif kepada siswa apabila guru dapat menyampaikannya dengan menggunakan metode yang tepat. Sebaliknya Bahasa Inggris akan terasa membosankan jika guru kurang menguasai metode dan materi pengajaran Bahasa Inggris di SD.
Guru-guru Bahasa Inggris SD Kec Tulis |
Di tingkat Sekolah Dasar, pengalaman penulis hanya itu itu saja bersifat monoton. Tidak ada revolusi atau perubahan yang signifikan di dalam perkembangannya. Belum ada yang mencoba terobosan baru agar supaya Bahasa Inggris di SD lebih menarik, menantang dan tidak dipandang sebelah mata. Selama ini belum ada even atau lomba Bahasa Inggris di SD. Selama ini belum ada piala atau trofi kejuaraan ataupun lomba di Bidang kemampuan akademik Bahasa Inggris di tingkat SD. Padahal kalau kita gali betapa banyak hal dan manfaat yang dapat kita peroleh dengan diadakannya kompetisi lomba Bahasa Inggris.
Banyak sekali jenis-jenis lomba Bahasa Inggris di SD misalkan Lomba Spelling Bahasa Inggris, Lomba pidato Bahasa Inggris, Lomba menyanyi dalam Bahasa Inggris, Lomba cerdas cermat Bahasa Inggris dan sebagainya. Sebenarnya ini sesuatu yang menarik yang perlu digagas, direncanakan dan diadakan di tingkat SD. Dengan adanya Lomba seperti ini baik anak maupun guru akan merasa tertantang, anak akan berkembang karena Bahasa Inggris tidak bersifat hanya monoton di kelas yang membosankan. Anak akan memiliki banyak pengalaman di luar. Anak akan mempraktekkan kemampuan baik akademik maupun praktik Bahasa Inggris di kehidupan nyata. Keempat Aspek skill Bahasa Inggris akan terasa dan dapat di aplikasikan. Anak akan merasa percaya diri dan tentunya memiliki sikap positif terhadap Bahasa Inggris. Tentu ini akan menjadi modal yang bermanfaat bagi anak ketika ia melanjutkan sekolah di SLTP dan seterusnya.
Dengan adanya perlombaan dan kompetisi Bahasa Inggris, eksistensi Bahasa Inggris di SD juga akan semakin diaakui. Selama ini piala di Sekolah hanya itu itu saja, sedangkan dari Bahasa Inggris belum ada pialanya. Ada kebanggan tersendiri dan merasa tidak dipandang sebelah mata manakala Piala dari event lomba Bahasa Inggris muncul di Almari Piala. Buktikan Bahwa Bahasa Inggris bisa berbuat lebih, bisa bicara di tingkat SD.
Perubahan tidak akan terjadi manakala kita hanya diam berpangku tangan. Bukankan sesuatu itu perlu kita perjuangkan untuk mendapatkannya. Jika kita ingin akan ada perubahan khususnya Bahasa Inggris di SD maka kita sebagai pengampu Bahasa Inggris SD ada usaha dan kerja sama di dalam memajukan Bahasa Inggris di SD. Salah satu yang bisa tempuh adalah inisiatif untuk mempopulerkan Lomba dan Kompetisi Bahasa Inggris di Sekolah dasar yang notabene belum mucul dan belum ada namanya. Semoga Bahasa Inggris di SD ke depan akan lebih baik. Amin.
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar