SHOLAT IDUL FITRI DI VICTORY PARK HK

Bookmark and Share

SEKITAR 1500 Buruh Migran Indonesia ( BMI ) berkumpul di tanah lapang Victory Park, dalam pimpinan KJRI dan dibantu oleh seluruh organisasi yang berada di Hongkong menggelar Sholat Idul Fitri, Saptu ( 13/10 ). Sholat Idul Fitri penutup dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh berjalan dengan baik.

Sholat Idul Fitri pada hari ini tidak hanya dari warga Indonesia, tetapi juga dari beberapa Negara lainnya. Dalam acara Sholat Idul Fitri dimulai pada pukul 9.30 pagi, disebabkan peraturan dari Pemerintah Hongkong bahwa di Victory Park diijinkan menggunakan pengeras pada pukul 9.30 pagi. Maka sambil menunggu Sholat Idul Fitri dimulai semua jama’ah yang sudah berkumpul sejak pagi bersama-sama mengumandangkan takbir.

Walaupun Sholat jatuh pada hari saptu tetap banyak kalangan BMI yang dapat ikut melaksanakan sholat, walaupun selesei sholat harus kembali kerumah majikan untuk bekerja seperti biasa. Karena memang tidak semua BMI yang mendapatkan libur saat hari lebaran umat muslim. Tetapi ada pula majikan yang sudah tahu, kalau pada hari itu adalah hari kemenangan bagi umat muslim, sehingga mengijinkan pembantunya libur.
Acara yang pertama disaat menunggu sholat, semua jama’ah tanpa kecuali melantunkan gema takbir. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia pelaksanaan Sholat yaitu Bapak Bambang dari KJRI. Disela sambutannya Bapak Bambang mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh BMI yang ada di Hongkong juga seluruh organisasi dimana ikut membantu sebagai panitia. Begitu juga, Pak Bambang membacakan semua laporan keuangan hasil dari zakat dan Infak.
Hasil zakat pada hari raya di tahun ini sebagian akan disumbangkan dibeberapa kota, seperti: Madiun, Ponorogo, Malang, Demak, Cilacap dan masih banyak lagi tanpa disebutkan. Begitu juga dibagikan kepada selter-selter di Hongkong. Dimana sedang menghadapi masalah dengan majikannya yang tidak mematuhi segala peraturan di Pemerintah Hongkong. Selesei sambutan diteruskan kembali gema takbir hingga waktu sholat tiba.
Sebagai iman sholat Idul Fitri adalah Bapak Rahmat Syukur dari Jawa barat. Sedangkan Ustad yang memberikan tausyiah adalah Bapak Mulyadi dari Pondok Gontor Ponorogo Jawa Timur. Didalam tausyahnya telah banyak membeberkan makna dan yang tersembunyi dalam Bulan Suci Ramadhan yang hanya dilaksanakan hanya satu kali dalam setahun.
Bahkan Bapak Mulyadi juga menjelaskan sedetilnya tentang adanya tiga fitrah yang mempunyai penjabaran sendiri-sendiri supaya semua jama’ah mengetahui pentingnya melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh dan diakhiri dengan adanya sholat Idul Fitri. Dalam bahasa lain, bahwa manusia ibarat sebagai mobil yang sudah lama dipakai lalu perlunya servis untuk diperbaiki mesinnya supaya dapat dipakai dengan aman dan baik.
Acara dapat berjalan dengan baik dan lancar walaupun dilaksanakan sedikit siang dari jam yang seharusnya kapan dimulai sholat Idul Fitri. Berkat kerja keras panitia yang kompak dalam melaksanakan tugas dan penataannya sehingga jema’ah bisa diatur dengan rapi dan baik, dari pada sholat Idul Fitri sebelumnya. Acara pra acara dapat diikuti jama’ah dengan tertib tanpa ada hambatan apa-apa.
Akhir acara shulahturomi antara BMI dengan Bapak ustad dan Utshadah yang didatangkan dari Indonesia untuk memberi tausyiah pada BMI disaat bulan Ramadhan. Begitu juga melayani tanya jawab via SMS maupun telepon langsung. Setelah itu acara di tutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Mulyadi dari Pondok Gontor.
Setelah acara selesei semua jama’ah bubar dan untuk datang ke kantor KJRI untuk mengambil roti makan siang dan minum yang disediakan oleh KJRI dengan gratis seperti tahun-tahun sebelaumnya bila selesei melaksanakan sholat dalam memperingati hari besar umat Islam. Dimana Bapak maupun Ibu Polisi yang bertugas mengawasi acara ini mengagumi dan mengacungkan jempol pada semua BMI Indonesia yang kompak untuk membersihkan lapangan Victory Park hingga kembali bersih seperti semula.
Selesei acara seluruh panitia istirahat sambil menikmati makan siang di lantai satu KJRI. Dengan rasa bangga Bapak Konjen yaitu Bapak Ferry Adam mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah membantu mempersiapkan dalam pelaksanaan sholat Idul Ftri dengan baik dan kompak sehingga mendapat sanjungan dari pihak kepolisian hongkong. Dengan begitu, diharapkan semoga dapat menggunakan lapangan Victory Park kembali untuk acara-acara lainnya.
Akhirnya acara sholat Idul Fitri dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan apapun dari kalangan BMI atau dari kalangan luar. Sehingga dapat meninggalkan kesan yang amat istimewa bagi semua jema’ah yang hadir pada hari itu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar