Cara Membuat Shampo Alami

Bookmark and Share
Sampo Rambut-Beberapa hari yang lalu, ada pengunjung blog Asal-Asalan (baca: ASALngalorngidul) yang bertanya tentang cara membuat shampo alami. Sebuah masukan yang sangat bagus untuk mengembangkan blog yang hanya asal-asalan ini. Akhirnya, saya pun tergerak untuk bertanya kepada nenek saya tentang resep alami membuat shampo.

Kalau dulu, sebelum ada pabrik shampo, orang-orang memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membersihkan rambut, alias keramas. Salah satu bahan alami yang menjadi favorit jaman nenek saya adalah merang. Merang adalah batang padi (kalau belum tahu). Khasiatnya adalah untuk menghitamkan rambut, membuatnya berkilau, dan kuat tidak mudah rontok. Saya sendiri sudah mencoba shampo tradisional ini, hasilnya lumayan juga…

Bagi yang penasaran atau pengen nyoba. Yuk simak di bawah ini cara membuatnya>>>


1.Siapkan merang secukupnya, tergantung panjang pendek atau tebal tipisnya rambut, silahkan disesuaikan sendiri yah. Ingat, pilih merang yang sudah agak tua ya, jangan yang muda.
2.Bakar merang tersebut sampai jadi abu.
3.Tambahkan air secukupnya. Kira-kira sampai 2 atau 3 cm diatas endapan abu merang.
4.Diamkan semalaman/ seharian.
5.Ambil airnya saja, dengan cara disaring.
6.Lalu tambahkan air perasan jeruk nipis pada air hasil saringan abu merang tersebut.
7.Gunakan untuk keramas. Untuk perawatan rambut, cukup lakukan 3 kali seminggu saja.

Catatan:::hasil dari penggunaan bahan alami tidak bereaksi secepat bahan kimia, namun hasilnya lebih tahan lama dan bagus dibanding bahan kimia. Asalkan rutin, tidak ada usaha yang sia-sia.
source

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar