Susahnya Jika Menggunakan CAPTCHA

Bookmark and Share
Selamat siang kawan-kawan semua, jumpa lagi dengan Bang Dayat. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang pemakaian reCAPTCHA pada komentar blogger. Jelas kalian semua sudah tidak asing lagi jika mendengar kata reCAPTCHA menghampiri telinga kalian. Buat yang belum tahu, reCAPTCHA adalah kombinasi 2 kata yang menurut sebagian orang sangat sulit untuk dimengerti baik dari segi bentuk tulisan, pengejaan, maupun arti dari kata tersebut. 

Banyak sekali kita menjumpai blog-blog yang menggunakan reCAPCHA di kotak komentar blognya, memang gambar reCAPTCHA tidak akan muncul jika kita tidak ingin menulis komentar di salah satu postingan blog. Namun banyak juga para blogger yang tidak menggunakan kombinasi reCAPTCHA ini pada kotak komentar blognya karena ada beberapa alasan yang kuat. 

Wahh Bang Dayat ngomong nih, mana alasannya gue udah gak sabar nih ?? Oke dah dari pada kalian buang-buang waktu tak berguna untuk dengerin saya banyak bacot, berikut adalah beberapa alasan kenapa beberapa blogger tidak menggunakan reCAPTCHA di kotak komentar blog mereka sama seperti saya, hehehe.
  • Susah dilihat, dimengerti, dan dibaca hurufnya
Jelas bagi segelintir orang yang sedang melakukan Blogwalking salah satunya adalah berkomentar di postingan blog tetangga. Namun, pas mereka selesai menulis komentar dan menekan tombol publish, Ehh dikiranya komentar langsung timbul, ternyata yang timbul reCAPTCHA, sungguh sangat merepotkan bagi pengunjung karena harus menulis kombinasi 2 kata yang dilihat saja sudah tidak mengerti apalagi untuk membaca dan kemudian di tulis sebagai konfirmasi jika ingin posting komentar.
  • Code reCAPTCHA tidak muncul jika koneksi lelet
Kasihan bagi yang punya koneksi pas-pasan, mereka kan juga niat berkomentar tapi kalau gini jadinya, mereka jadi enggan deh berkomentar di postingan anda. Karena tidak setiap orang memiliki koneksi dewa. Nah ini nih, yang sering menjadi kendali bagi Bang Dayat jika sedang Blogwalking dan ingin memberi komentar. Sempat sesaat terbesit di benak saya berkata “Wah, sialan nih udah Load page berulang-ulang tapi tetep aja gambarnya gak muncul gimana mau silaturrahmi nih”. Yang awalnya ingin silaturrahmi dengan niat yang tulus, ehh malah jadi kesel, entah kesel sama jaringan yang lelet atau sama blog yang make reCAPTCHA ini. Ahh, apapun masalahnya yang penting minumnya the botol SOSRO, nah loh kok jadi gak nyambung gini yah. Oke next ke point selanjutnya.
  • Sering mengulang jika salah masukkan code
Kalau salah ngulang, ya jelas lah ngulang kalau salah masa mau lanjut terus, Waduh kaya ulangan aja kalau gak tuntas harus ikut remedial lagi. Sama halnya dengan ulangan yang tidak tuntas jika salah memasukkan code reCAPTCHA kita akan mengulangnya kembali dan pastinya kita harus memahami kata yang di diberikan dua kali. Iya kalo kata yang di berikan lebih mudah, nah kalo lebih susah gimana..?? wahh jadi hilang nih niat baik untuk berkomentar.
  •  Gambar code terpotong jika tampilan Handphone
Dari judulnya saja sudah bisa ditebak bagaimana keselnya bagi yang Blogwalking menggunaka Handphone, dan saya juga sering menggunakan handphone kalau sedang malas ngidupin laptop. Sungguh menyedihkan jika setelah nungguin waktu load yang ssangat lama, (sampai tumbuh jenggot nih) ternyata gambar code reCAPTCHA yang di tampilkan terpotong sebagian…Aduh gagal lagi nih berkomentar. Sangat di sayangkan sekali kalau sudah gini jadinya.

Nah kawan-kawan semua, tadi itu adalah 4 poin kenapa beberapa blogger tidak menggunakan reCAPTCHA, karena mereka menganggap dengan adanya code tersebut pengunjung enggan berkomentar dan otomatis tidak ada masukan ataupun kirtik dan saran buat postingan kalian.

Okehh, sampai disini dulu perjumpaan kita, sudah cape nih Bang Dayat banyak cincong. Sampai ketemu lagi yah kawan-kawan, Salam Bang Dayat :)

“Keep spirit guys”

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar