Cara Mengatasi Duplicate Content Pada Blog

Bookmark and Share
Duplicate Content
Selamat malam kawan-kawan blogger sekalian Bang Dayat hadir lagi nih, sebelumnya pada postingan Apa Itu Duplicate Content Pada Blog dan Dampak bagi Blog saya telah membahas Bagaimana duplicate content dapat terjadi, Bagaimana cara mengetahuinya, dan Dampak yang di timbulkannya. Sekarang saya akan share Cara Mengatasi Duplicate Content Pada Blog tips ini saya copast langsung dari sumbernya dan saya rubah sedikit penjelasannya supaya lebih mudah untuk dipahami. Yuk mari kita simak bersam-sama.

Berikut beberapa cara mengatasi masalah duplicate content pada blog kita : 
  • Duplicate content dari alamat yang berbeda
Untuk mengatasi masalah duplicate content akibat dari beberapa alamat url yang berbeda namun kesemuanya mengarah pada satu content yang sama, berikut penjelasannya :
Pertama kita dapat melakukan redirection alamat blog misal meredirect alamat blog dari www ke non www. Redirection ini dapat kita lakukan melalui file .htaccess yang kita upload pada server hosting blog. Selain melakukan redirect, kita tidak boleh membuat link dari alamat blog yang kita redirect tersebut. Bila kita memutuskan untuk memakai alamat blog tanpa www maka dalam membangun link building yang bagus jangan mempergunakan link dari versi blog dengan www, Maksudnya adalah jika blog anda tidak memiliki www didepan URLnya maka jangan membuat content dengan URL yang menggunakan www, sebab jika spider bot berhasil menemukan link ini, spider bot akan mengcrawlnya dan kemudian akan berujung dalam bentuk index blog sehingga duplicate content menjadi tak terelakkan.

Di halaman Google Webmaster Tool silahkan ikuti langkah berikut : 
  1. Login ke Google Webmaster Tool lalu pilih nama blog yang akan di setting indexnya. 
  2. Pilih menu Site configuration dan klik Settings 
  3. Pada bagian Preferred domain, kita pilih versi alamat blog yang ingin di index.
Dengan cara ini spider bot google akan mengindex blog dari versi permintaan kita. Kelebihannya bila sewaktu-waktu spider bot google menemukan alamat blog dengan versi lainnya maka secara otomatis indexing akan dirubah menjadi versi yang sesuai dengan permintaan kita dan ini berlaku juga untuk di SERP Google. 
  • Duplicate content dari Dynamic URL

Untuk mengatasi masalah duplicate content dari penggunaan dynamic url, dalam template blog dapat kita sisipkan canonical link sebagai petunjuk mana url blog yang sebenarnya.   

Dynamic URL
    http://anakgilaonline.blogspot.com/2012/03/themes-template-keren-dan-elegant.html ?showComment=212951538819984636#c2002141983974234378
    Real URL
    http://anakgilaonline.blogspot.com/2012/03/themes-template-keren-dan-elegant.html
      Untuk meminta spider bot supaya tetap mengindex blog dengan menggunakan real url-nya dan bukan dynamic url ketika mengunjungi situs dari dynamic url ini, di antara kode <head> dan </head> kita sisipkan canonical link.

      Canonical Link
      <link rel="canonical" href="Real URL"/>
      *Untuk blog berplatform blogspot tidak perlu khawatir sebab canonical link telah tersetting pada template blogspot kita, dynamic url di atas hanya contoh saja.
      • Duplicate Content dari Archive, Tag, Category Blog
      Untuk mengatasi masalah duplicate content dari halaman archive blog, halaman category blog maupun halaman tag blog ada beberapa cara yang dapat kita tempuh yaitu dengan Memasang Meta Tag robots noindex yang kita letakkan di antara kode <head> dan </head>.

      <meta name="robots" content="noindex,nofollow"/>
      *Untuk blog berplatform blogspot kita tidak perlu memikirkan masalah akan muncul duplicate content dari halaman label sebab halaman ini telah tersetting disallow robots sehingga tidak akan ditelusuri oleh spider bot.

      Untuk sahabat blogger yang mengalami masalah duplicate content pada halaman archive blog silahkan tambahkan script noindex archive di bawah ini :

      <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
      <meta content='noindex,noarchive' name='robots'/>
      </b:if>
      Nah cukup sekian pembahasan kita tentang Cara Mengatasi Duplicate Content Pada Blog, semoga bermanfaat ya kawan-kawan semua. dan jika di dalam benak kalian semua memiliki pertanyaan silahkan berkomentar dan untuk informasi lebih lanjut dan penjelasan selengkapnya anda dapat mengunjungi situs teman saya Rina As. Selamat malam Salam Bang Dayat


      { 0 komentar... Views All / Send Comment! }

      Posting Komentar