Gedung Bersejarah Ini Dipakai Syuting Film Horor Hollywood

Bookmark and Share

Danvers - Gedung yang bernilai historis tentu menjadi objek wisata sejarah. Namun di AS, ada gedung bersejarah yang begitu menyeramkan sampai akhirnya dipakai syuting film horor buatan Hollywood dan tampil dalam beberapa novel.

Gedung itu adalah bekas Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Danvers State Hospital di Danvers, Massachusetts, AS. RSJ itu dibangun pada 1878 dalam proyek pembangunan massal RSJ di AS bernama Kirkbride Plan. Dari situ Krikbride Building, Kamis (20/9/2012), RSJ ini masuk dalam daftar bangunan cagar sejarah yang dilestarikan karena nilai arsitekturnya yang bergaya Gothik.

Karena masalah finansial, RSJ ini ditutup dan menjadi bangunan yang terbengkalai. Bangunan bergaya Gothik, batu granit, bata merah dan tembaga membuat gedung tua ini tampil menakutkan.

Dari luar, RSJ Danvers menjulang seperti kastil. Suasana di sekitarnya hijau dan menyegarkan dengan padang rumput menghampar. Tapi, tunggu sampai orang masuk ke dalamnya.

Gedung sepi, tembok kusam, sudut-sudut ruangan yang gelap, belum lagi beberapa pintu yang tampak seperti jeruji penjara, membuat orang bergidik ngeri. Saat berada di sini, pengunjung seperti merasa tidak sendiri. Hiii!

Namun, kengerian itulah yang menarik hati industri film Hollywood. RSJ Danvers mendadak naik daun saat dipakai sebagai lokasi syuting film horor 'Session 9' pada 2001.

Film yang dibintangi Peter Mullan, David Caruso, dan Brendan Sexton ini mengisahkan tentang sekelompok pekerja bangunan yang mendapat proyek renovasi RSJ yang di dalam film bernama RSJ Kirkbride. Nah, saat proses renovasi itu mereka mendengar suara gaib. Kemudian menemukan rekaman terapi seorang pasien RSJ yang menjadi awal teror yang menghantui semua orang.

Bangunan bekas RSJ lain yang masuk dalam proyek pelestarian Kirkbride Building memiliki tur wisata atau dijadikan museum. Namun, RSJ Danvers tidak demikian. Jika wisatawan penasaran, mereka masih bisa berfoto-foto di depannya.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar