Tips dan Cara Merawat Rambut Rontok

Bookmark and Share
Tips dan Cara Merawat Rambut Rontok - Hai Sista, bertemu lagi nih. Gimana kabarnya? pastik fine-fine aja kan.... Nah Si, kali ini saya akan membahas artikel tentang bagaimana tips dan cara merawat rambut rontok. Sobat semua pasti tidak ingin kan rambutnya rontok. Sama sob, saya juga sebel sekali kalau ada rambut yang rontok walaupun cuma satu helai. Tapi jangan khawatir Sis, kali ini Zona Kecantikan Wanita akan mengupas tuntas berbagai tips dan cara merawat rambut rontok.

Penyebab rambut rontok sebenarnya banyak sekali sis. Sebelum kita membahas cara merawat rambut yang rontok, ada baiknya kalau kita tahu terlebih dahulu apa penyebab rambut kita rontok. Silahkan sobat baca secara teliti penyebab-penyebab berikut, barangkali ada yang sama dengan rambut sista.

Tips dan Cara Merawat Rambut Rontok

-  Tidur ketika rambut masih terikat, sehingga menjadikan rambut kusut dan gampang rontok
-  Menyisir (secara kasar) rambut yang masih belum kering atau basah. Rambut ketika basah akan lebih rapuh serta gampang rontok ketika disisir.
- Menata rambut menggunakan pengering yang suhunya terlalu panas, sehingga menjadikan lapisan terluar rambut rusak, gampang patah dan rontok.
-  Terlalu kerap memberikan obat kimia pada rambut seperti misalnya obat pelurus rambut, pengeriting dan lain-lain, sehingga menjadikan rambut semakin rapuh.
-  Memilih shampo yang tidak cocok dengan jenis rambut sista.
-  Keramas menggunakan air terlalu panas sehingga merusak lapisan rambut dan membuatnya rapuh

Kalau sista mengalami hal di atas cara mengatasinya adalah sista harus segera menyetop kebiasaan sista di atas. Sisirlah rambut sebelum tidur untuk mengurangi kekusutan pada ketika kita bangun tidur pada pagi hari.Dan pilihlah shampo bayi bagi yang mempunyai rambut dan kulit kepala sensitif.

-  Pola Makan
Kerontokan yang terjadi pada rambut juga bisa terjadi karena gizi yang kurang dalam tubuh sista. Sebab kerontokan yang paling sering terjadi adalah anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Untuk menanggulanginya, perlu mengkonsumsi makanan yang terdapat zat besi untuk menyeimbangkan kadar sel darah merah. Ikan dan sayuran hijau bisa menjadi pilihan yang bagus. Disamping itu vitamin C juga berkhasiat mengasimilasi zat besi dalam tubuh. Anda diharapkan menyantap aneka buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, stroberi dan sebagainya.

-  Stress
Hormon yang dikeluarkan di pada tubuh ketika stres sangat berpengaruh terhadap penyerapan vitamin B yang dibutuhkan untuk pigmentasi. Itulah mengapa tingkat stres yang tinggi bisa menjadikan seseorang lebih cepat beruban. Stres emosional juga dapat menyebabkan alopecia, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel rambut. Kondisi ini yang kemudian memicu rambut rontok. Selain relaksasi, asupan suplemen vitamin B kompleks juga baik.

-  Gangguan Tiroid
Rambut rontok adalah termasuk salah satu tanda terjadinya gangguan hormon tiroid. Terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap metabolisme dan siklus pertumbuhan rambut. Supaya rambut kembali tumbuh dengan sehat adalah melakukan pijat refleksi kepala dan menutrisinya dengan protein setiap pagi.

Nah Sis, itulah beberapa tips dan cara untuk mengatasi rambut yang rontok dari saya. Teimakasih atas kunjungannya dan semoga artikel saya bisa bermanfaat bagi sista semuanya. Jangan lupa juga baca artikel tentang cara menghilangkan ketombe.





{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar