BAHASA INGGRIS SD : LANGUAGE ACCOMPANYING ACTION

Bookmark and Share

Pengajaran Bahasa Inggris dimaksudkan supaya peserta didik dapat menggunakan Bahasa Inggris sebagai penyerta tindakan(Language Accompanying Action). Guru dapat membiasakan diri kepada anak didik dalam menggunakan ekspresi, perintah dan ungkapan dalam Bahasa Inggris. Ungkapan-ungkapan ini berkaitan dengan keseharian di kelas/sekolah. Kebiasaan-kebiasaan menggunakan ungkapan ini akan membentuk keterampilan anak dalam berbahasa karena anak-anak terbiasa mendengar dan mengucapkan Bahasa Inggris.

Inggris SD
English is fun. This picture is from. http://smartkidzpaudjogja.wordpress.com


Berikut contoh beberapa ungkapan(expression) yang sebaiknya kita gunakan dalam menyertai tindakan dalam pengajaran Bahasa Inggris di SD:

Good morning, students
Good afternoon
Who is absent today?
Is there any permission?
What is your name?
What time is it?
What date is it today?
Do you have any homework?
Good bye
Open the door!
Close the door!
Open the window
Close the windown
Open your book page ...!
Sit down, please!
Stand up!
Read your book page ...!
Close your book!
Speak up!
Speka louder!
Raise your hand!
Good job
That’s great
Are you finished?
Have you finished?
Not yet
Exchange your book!
Thank you
Clean the blackboard!
Sweep the yard!
You got it (understand)
Sing a song, please!
Give applause!
Clap your hand!
Write down!
Silent please!
Listen to me!
Take the chalk and write on the blackboard!
Turn of the light!
Turn on the light/lamp!
Turn on the computer!
Shutdown the computer!
It’s your turn now!
Count number one to ten!
Stand in front of the class!
It’s time to go home
What time do you go to school?
What is your father?
Play the game!
That’s all for now.
Etc.

Banyak lagi ungkapan-ungkapan dan ekspresi lainnya yang dapat diterapkan guru di dalam KBM Bahasa Inggris. Guru dianjurkan tetap menggunakan ungkapan atau perintah kepada anak didiknya dalam Bahasa Inggris. keterampilan berbahasa tidak akan terbentuk manakala guru jarang atau bahkan sama sekali tidak membiasakan diri mengguanakan pengantar Bahasa Inggris dalam KBM nya. Kalimat-kalimat dan ungkapan tidak harus panjang dan sulit. Akan tetapi guru menggunakan kalimat yang pendek dan sederhana. Awalnya mungkin sulit bagi anak akan tetapi jika ini menjadi kebiasaan justru anak akan semakin terlatih dan terbiasa sehingga Bahasa Inggris anak-anak dapat berkembang, Bahasa Inggris yang komunikatif artinya tidak hanya menekankan pada bahasa tulis dan grammar. Justru Bahasa yang terpenting adalah aplikasinya/penggunaanya di dalam percakapan/dialog sehari-hari. 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar