Ungkap Bobot Tubuh si Kecil dengan Cara Ini

Bookmark and Share

Anak yang sehat dan memiliki berat badan ideal tidak dapat ditentukan hanya dengan melihat dia bertubuh gemuk atau kurus. Ini dia rumusan yang perlu ayah dan ibu tahu Ungkap Bobot Tubuh si Kecil dengan Cara Ini, seperti yang saya kutip langsung dari detik.com.

Dalam buku berjudul Membesarkan Bayi jadi Anak Pintar, Dr. Handrawan Nadesul menjelaskan bahwa anak dinilai kelebihan berat badan bila melebihi berat badan standar. Melalui Growth chart (peta pertumbuhan), dan KMS (Kartu Menuju Sehat, standar Harvard), Anda dapat mengetahui perkembangan buah hati di mana panduan tersebut memperlihatkan apakah berat badan yang dimiliki si kecil sesuai dengan umurnya atau tidak, apakah berat badan anak tergolong ideal, kurang, atau malah berlebih.

Dengan panduan tersebut, Anda pun dapat menghitung bobot tubuh anak untuk mengetahui siklus perkembangannya. Berikut rumus untuk menghitung ideal atau tidaknya bobot tubuh anak yang dipaparkan Handrawan:
- Berat badan bayi berumur 5 bulan = 2 X berat badan lahir

- Berat badan bayi umur 1 tahun = 3 X berat badan lahir

- Body mass index (BMI) = berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m) pangkat dua

- Kriteria BMI

< 18 = Sangat kekurangan berat badan

18-20 = Berat badan kurang (kurus)

20-25 = Berat badan ideal

25-30 = Kelebihan berat badan (gemuk)

30-40 = Penyakit obesitas

Semoga artikel tentang Ungkap Bobot Tubuh si Kecil dengan Cara Ini dapat bermanfaat bagi orang tua yang memiliki anak bayi. Salam Bang Dayat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar