Apple Mungkin Hilangkan Optical Drive di iMac Baru

Bookmark and Share

Jakarta - OS X Mountain Lion yang baru saja dirilis mengisyratkan update terbaru dari produk Apple lainnya, yakni iMac dan Mac Pro. Kedua line up workstation Apple ini kemungkinan akan menghilangkan optical drive di versi terbarunya nanti.

Menurut Apple Insider, yang di kutip Minggu (12/8/2012), adanya USB booting internal memperlihatkan bahwa perusahaan itu akan mengganti semua fungsi di DVD-room dengan cara install langsung tanpa kepingan cakram.

Memang menghilangnya optical drive ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh Apple. Sebelumnya pemangkasan serupa sudah dilakukan di MacBook Air dan Mac Mini.

Hal serupa pernah dilakukan dengan menghilangkan drive floppy di iMac asli. Waktu itu, Apple sudah menggunakan apa yang disebut "iDrive" sebagai produk penyimpanan awan pada tahun 1998. Namun tidak bekerja dengan baik karena kurangnya koneksi broadband saat itu.

Mengingat kecepatan broadband hari ini, serta flash storage massal yang murah, tidak masuk akal untuk percaya bahwa Apple mungkin akan mempertimbangkan memusnahkan drive optik secara utuh. Bahkan dipercaya ini akan mendukung model bisnis dalam upaya untuk memindahkan pengguna ke layanan iCloud.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar