Bahasa Inggris di SD miskin buku referensi

Bookmark and Share

Idealnya di dalam mengajar Bahasa Inggris di SD, seorang guru membutuhkan 3 jenis buku yaitu buku untuk guru(teacher’s book),buku untuk murid yang terdiri dari buku materi(student’s book) dan buku latihan(workbook). Teacher’s book digunakan oleh guru sebagai pedoman untuk mengajar. Students’ book digunakan siswa sebagai pegangan menerima materi. Untuk workbook khusus digunakan drill dan latihan siswa di dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru.

Buku Bahasa Inggris untuk SD
Contoh referensi buku Bahasa Inggris SD


Di sekolah-sekolah di Indonesia, terutama di lingkungan pedesaan dan pedalaman, belum memiliki buku buku yang representatif. Yang memprihatinkan adalah yang memiliki buku hanya guru yang mengajar. Sama sekali siswa tidak memiliki buku baik buku materi maupun buku latihan soal. Guru mengajar dengan seadanya. Belajar Bahasa Inggris tanpa buku, tanpa gambar-gambar dan lain sebagainya memang akan sulit sekali bagi anak, di Sekolah dasar Bahasa Inggris lebih banyak kita menjumpai gambar-gambar supaya dapat mempermudah anak memahami materi. Bagaimana guru dapat memberikan deskripsi dan gambaran materi kalau hanya guru saja yang memiliki buku. Tentu guru sangat kesulitan dalam menyampaikan materi kepada para siswanya. Keadaan ini menuntut guru untuk lebih kreatif di dalam menyampaikan bahan materi, guru menyajikan materi yang dapat diterima anak meskipun dalam keadaan yang sangat terbatas.

Masukan dari penulis, Sebaiknya guru pengampu Bahasa Inggris di SD disarankan untuk mengusulkan penggunaan buku penunjang pembelajaran Bahasa Inggris kepada kepala sekolah. Karena memang akan kesulitan sekali mengajar Bahasa Inggris di SD tanpa buku baik buku materi maupun buku penunjang lainnya. Anak-anak membutuhkan ilustrasi deskripsi langsung dari buku. Pembelajaran Bahasa Inggris yang hanya dari guru saja bukunya akan terasa berat. Pembelajaran Bahasa Inggris menjadi semakin abstract bagi para siswa. Bukankah pembelajaran di Sekolah Dasar harus yang kongkret kongkret. Berawal dari kongkret menuju ke abstrak. Anak sangat kesulitan sekali mempelajari sesuatu tanpa ilustrasi, gambaran, warna dan sebagainya. Minimal setiap siswa memiliki buku Lembar kerja siswa dimana di dalamnya terdapat rangkuman materi Bahasa Inggris.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar