Kendaraan Tambang Batu Bara di Kalimantan

Bookmark and Share

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi kawan-kawan semua, pada kesempatan kali ini Bang Dayat tidak share artikel pengetahuan ataupun tutorial blog, yah lagi-lagi saya harus berkata seperti itu kepada kawan-kawan pembaca yang setia. Tetapi postingan kali ini beda banget sobat dan ini sangat penting buat kalian ketahui. Jika kalian tinggal di Kalimantan khususnya Kalimantan Timur pasti kalian tidak asing dengan istilah “Borneo is Meaning Coal Site” yang artinya adalah Kalimantan adalah Situs Tambang Batu Bara. Kalimantan kaya akan sumber daya alam yang melimpah ruah salah satu contohnya adalah batu bara.

Jika kalian datang ke Kalimantan khususnya Kabupaten Paser Kecamatan Batu Sopang tempat saya tinggal sekarang ini, tidak afdol kalau kalian tidak melihat tambang batu bara yang sangat besar dan luas sekali, seluruh penduduk kabupaten paser semuanya ngumpul disini, dan tambang batu bara ini merupakan mata pencarian terbesar mereka. Berhubungan dengan tambang pastinya ada kendaraan tambang yang di gunakan untuk akses tambang baik itu menggali tanah ataupun mengangkut batu baranya, wehh tetapi kalian jangan salah kira kawan, kendaraannya tidak kecil seperti kendaraan pada umumnya yang ada di kota-kota kalian, kami sering menyebutnya sebagai Alat Berat, kalau  mau lihat silahkan deh buka di bawah ini.

Buka Aja Sob:
Alat Berat ini bernama HD / Houlpak (*nama tergantung ukurannya)
Bagaimana kawan baru pertama kali lihat yah ??? bagi kalian yang pertama kali melihatnya pastinya kalian berkata “Wahh, besar banget yah” (*Lebay deh), sama seperti truk pengangkut tanah pada umumnya Alat Berat ini hanya berbeda ukuran saja yang ini super besar banget Hehehe. bukan itu saja loh, itu masih kecil kawan, itu baru pengangkut tanahnya saja, sebelum diangkut pastinya ada yang mengisikan tanahnya kan, dan tidak mungkin banget kalau truk sebesar itu manusia yang mengisi tanahnya menggunaka cangkul/pacul hehehe. Penasaran ??? buka aja deh di bawah ini.

Buka Aja Sob:
Alat Berat ini bernama Excavator / PC (*tergantung ukuran, yang ini namanya PC 4000)
Pastinya tidak kebayang kan kalau kalian berada dekat alat berat ini hehehe, bisa dilihat manusia yang berdiri di sampingnya itu sangat kecil banget di bandingkan dengan Alat Berat yang super besar itu. Kalau saya pribadi jujur sering banget jalan-jalan ketambang bersama teman-teman saya dan menaiki alat berat ini kalau sedang liburan sekolah. Kalau ke Kalimantan datang aja kesini ketempat saya, pastinya saya ajak kalian ke tambang batu bara yang sangat luas ini kawan.

Oke dah kawan-kawan ini hanya sekedar pemberitahuan saja tentang apa yang ada di sekitar tempat tinggal saya, dan jika ada yang mau ditanyakan tentang tulisan diatas, silahkan aja deh berikan komentar  kalian di form di bawah ini. Salam Bang Dayat.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar