Kesehatan Jiwa Merosot Akibat Rokok

Bookmark and Share

detail berita
Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi kawan-kawan semua, pada postingan kali ini lagi-lagi saya akan membahas tentang merokok dan sekaligus bertujuan untuk melengkapi artikel tentang rokok pada artikel-artikel yang telah saya post sebelumnya.

Semua orang tahu bahwa perokok yang berhenti merokok akan memiliki banyak manfaat bagi fisik tubuh. Tetapi ternyata tidak hanya fisik saja, ketika seseorang berhenti merokok kualitas kesehatan mental mereka pun juga ikut menjadi dapat lebih baik dari sebelumnya ketika dia masih merokok.

Para peneliti di University of Missouri yang melakukan penelitian tentang perokok berusia 18 hingga 35 tahun menemukan bahwa mereka yang telah berhenti di usia tersebut mengalami penurunan terhadap sifat impulsif yang dimiliki, serta neurotisisme, yakni kecenderungan untuk mengalami emosi negatif, seperti kemarahan, kecemasan, atau depresi, dalam diri mereka.

"Studi ini menunjukkan bahwa banyak perokok muda memulai kebiasaan merokok karena dorongan emosi, tanpa mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang. Tetapi ketika mereka berhasil menghilangkan kebiasaan tersebut, itu menandakan mereka telah belajar melihat suatu hal atau masalah dengan lebih bijak," ujar seorang penelitia sebagaimana dilansir Askmen, Minggu (27/5/2012).

Para peneliti mengatakan bahwa pola impuls (dorongan emosi hati) perokok remaja masih sama dengan persepsi kuno yang menyatakan bahwa orang yang mulai merokok karena terlihat keren. "Karena impuls yang ada dan penuh sesak neurotisisme dalam diri kaum muda, mereka menjadi salah jalan untuk menjadi seseorang yang percaya diri," ujar peneliti.

Dari sekian  ulasan yang di langsirkan oleh para ahli kesehatan bahwa merokok memiliki banyak sekali dampak negatifnya, maka dari itu mari kita bersama-sama membebaskan indonesia tercinta ini dari asap rokok yang mengancan setiap jiwa manusia, kita lakukan dari hal terkecil dan mulailah dari kita sendiri untuk menghindari rokok.

Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat buat kawan-kawan semua. Salam Bang Dayat.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar