Sindikasi techno.okezone.com: NASA Temukan 'Ekor' dalam Sistem Tata Surya

Bookmark and Share
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
NASA Temukan 'Ekor' dalam Sistem Tata Surya
Jul 12th 2013, 02:01

CALIFORNIA - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA melalui Interstellar Boundary Explorer (IBEX) menangkap objek yang diyakini merupakan 'ekor' di sistem tata surya. Ilmuwan telah lama menduga keberadaaan 'ekor' tersebut, namun belum dapat mengobservasi secara langsung.

Dilansir Popsci, Kamis (11/7/2013), sistem tata surya tampaknya mengambil bentuk beberapa lobus (bentuk seperti daun semanggi tiga dimensi). Bentuk tersebut terbuat dari kombinasi partikel yang bergerak cepat dan lambat.

Pergerakan partikel tersebut kemudian membentuk ekor di solar wind (angin matahari) dalam heliosphere. Heliosphere merupakan gelembung partikel bermuatan di sekitar tata surya.

Partikel-partikel yang membentuk 'heliotail' tidak bersinar. Sehingga, objek tersebut sulit untuk terlihat. IBEX menggunakan teknologi pencitraan atom untuk mengukur partikel netral yang dihasilkan dari tabrakan atom dan partikel di sepanjang batas-batas heliosphere.

Ilmuwan mengatakan, banyak model telah menyarankan bentuk heliotail yang beragam. Bahkan, menurut ilmuwan, penampakan ekor tersebut bahkan tidak bisa diterka.

"Tapi kami sudah ada pengamatan. Kami selalu menggambar, di mana ekor heliosphere hanya menghilang," kata David McComas, peneliti dari IBEX. Para ilmuwan masih belum yakin seberapa panjang ekor di sistem tata surya tersebut. Penelitian mengenai Heliotail ini dijelaskan dalam makalah Astrophysical Journal. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar