Tempo.co News Site: Kadal Nenek Moyang Komodo, Kata Peneliti

Bookmark and Share
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Kadal Nenek Moyang Komodo, Kata Peneliti
Jul 12th 2013, 03:00

TEMPO.CO, California – Para peneliti percaya, kadal pemakan tumbuhan yang berukuran kecil sebagai cikal bakal dari komodo. Akibat pemanasan global, evolusi bisa terjadi. Bahkan, peneliti yakin, kadal kecil bisa tumbuh menjadi ukuran yang lebih besar lagi.

Fosil kadal raksasa yang ditemukan di Burma membuat para ilmuwan percaya bahwa kenaikan suhu pada 40 juta tahun yang lalu menjadi penyebab membesarnya kadal pemakan tumbuhan hingga menjadi seukuran lebih besar dari komodo, yakni sekitar lebih dari 3 meter.

"Semula, para peneliti berpikir komodo menjadi begitu besar melebihi saudara kadal lainnya akibat kurangnya predator," tulis Daily Mail, Jumat, 11 Juli 2013. Namun, temuan yang dikembangkan oleh Universitas California dan Universitas Nebraska-Lincoln menunjukkan, ternyata diperlukan iklim yang lebih hangat, dalam hal ini pemanasan global untuk membuat kadal tumbuh begitu besar.

Fosil kadal raksasa pada awalnya ditemukan di Myanmar, Burma oleh para ilmuwan dari Universitas Iowa dan Universitas Duke pada tahun 1970. Namun, ahli paleontologi dari Universitas Nebraska-Lincoln baru saja mulai mempelajarinya.

Raja kadal ini dijuluki Barbaturex morrisoni, yang berarti 'Morrison berjanggut'. Nama ini diambil dari nama vokalis band The Doors, Jim Morrison.

Dari bentuk mulutnya, hewan ini diduga sebagai hewan pemakan tumbuhan. Ilmuwan percaya, kadal ini menyerupai naga berjanggut yang berukuran 6 kali lebih besar dari komodo.

DAILY MAIL | ANINGTIAS JATMIKA

Topik terhangat:
Ramadan
| Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | Tarif Progresif KRL | Bencana Aceh

Terpopuler
Wawancara Tempo dengan Ucok Eksekutor Cebongan
Ini Pengakuan Penulis Buku SD 'Porno' Anak Gembala  
Sefti Ingin Jenguk Fathanah di Bilik Asmara  
Alex Noerdin Batal Jadi Gubernur Sumatera Selatan
Wanita Ini Diperkosa Saat Antre Tiket Wimbledon  

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar